Selasa, 16 Desember 2008

kisah tragis sang hewan peliharaan

pada suatu hari, lupa tepatnya kapan. gue berkeinginan untuk memelihara seekor binatang, entah itu anak kucing atau anak anjing. akan tetapi mama dan papa bersitegang, yang satu milih anjing, yang satu milih kucing, dan sang adik tidak memilih karena dia tidak suka binatang.
akhirnya gue pergilah ke petshop bersama keluarga gue.
petshop, yang tepatnya berlokasi di jalan barito, gue sibuk melihat-lihat hewan-hewan yang lucu itu. tetapi tidak ada kucing atau anjing yang menarik perhatian gue.

dikarenakan persitenggang-an antara mama dan papa, akhirnya kami memutuskan untuk memelihara 2 ekor hamster. (menurut pengalaman gue yang dulu-dulu, hamster yang gue pelihara selalu mati kalo ngga ya kabur)

hari-hari berikutnya hamster gue selalu dimanjain, dikasih makan banyak, kandang dibersihin terus, dikasih mainan, (dan dimainin)
oh iya perkenalkan dulu hamster gue, dia berjenis anggora, yang cewek mempunyai warna bulu putih-krem, yang cowok mempunyai warna bulu coklat tua. saat itu kedua hamster ini tidak mempunyai nama, akhirnya saya terpikir untuk memberikan nama. namanya didapat tanpa pikir panjang dan nama yang tiba-tiba terlintas dipikiran gue. mereka adalah :

tingting, sang bunda


tongtong, sang ayah

sekitar 3 bulan pertama, mereka dikaruniai 3 ekor bocah-bocah hamster, yang sebenarnya sudah gue persiapkan namanya yakni, tangtang, tengteng, dan tungtung. akan tetapi karena pemiliknya bodoh, dan tidak berpengalaman dalam mengurus bocah hamster, bocah-bocah hamster itu pun mati dalam 1 hari (ngga nyampe malah).

rasa duka mewarnai keluarga hamster ini.

kemudian, kami sekeluargapun berusaha menghibur sang bunda yang baru saja kehilangan bocah-bocahnya. (ngga juga sih)

namun, sekitar 2-3 bulan kemudian sang bunda ini dikaruniai bocah lagi. kali ini berjumlah 7. sungguh jumlah yang fantastik untuk jenis ini. karena (katanya), biasanya hamster berjenis anggora tidak melahirkan bayi sebanyak itu. dan hal ini membuat gue kebingungan untuk memberi nama.
karena itu gue khawatir kalo ternyata ntar gedenya mereka pada cacat mental dan fisik
.

gue tidak mau hal yang kemarin terulang lagi, oleh sebab itu, gue mencari pengetahuan tentang bayi hamster lewat google, serta berbagi pengalaman dengan orang kantin gue yang bernama Ajum (soalnya sehari sebelum hamster gue lahiran, hamsternya dia juga lahiran) dan menerapkannya pada hamster gue.

berhubung bocah hamster itu tidak bisa digabung dengan sang ayah, jadi gue memisahkan tongtong dari tingting supaya tingting bisa fokus menyusui sang bocah-bocah.
gue memutuskan untuk membeli 2 kandang baru, yang kecil dan yang besar. yang kecil dimaksudkan untuk rumah baru sang anak. dan yang besar untuk rumah sementara waktu sang ayah.

kemudian gue mengamati perubahan demi perubahan yang terjadi dengan harap-harap cemas.

hari pertama, baik-baik saja.
hari ketiga, baik-baik saja.
hari kelima, tetap baik-baik saja.

seminggu kemudian, baik-baik saja.
2 minggu kemudian, mati satu, tinggal enam.



ini saat berusia 2 minggu lah kira-kira, dia sudah mulai liar, dan mulai manjat-manjat
yang dibawah adalah sang bunda, tingting

ini saat berusia 2 minggu juga, ada 6 ekor bocah hamster.


kemudian gue dan papa mulai berpikir dari segi ekonomi
gue : pa, itu anaknya banyak, sehat lagi.

papa : itu bisa dijual tuh

gue : kalo dijual laku ngga ya?

papa : (dengan ke-sok-tau-an) laku tuh, 15-20ribu mungkin perekor

gue : wah lumayan tuh 7 kali 15 aja udah banyak haha

papa : iya kita bikin ternak hamster aja ya

gue : boleh-boleh, jadi nanti kalo ada orang yang ulangtahun kasihnya anak hamster aja jadi ngga usah beli kado lagi

papa : nah iya tuh jadi kan bisa bermanfaat juga itu bayi hamster.

sungguh tidak mau rugi.

senang rasanya ketika bocah-bocah hamster itu sudah bisa lari-lari.
saat itu gue yakin kalo itu bocah bakalan hidup sampe gede.
ternyata, sekitar 3mingguan.

hari pertama
mama : eh itu anaknya kok tinggal 5?
papa : oh paling itu mau mati tadinya, trus dimakan induknya
mama : oh ..

hari kedua
adik : eh itu kok anaknya tinggal 4?
papa : oh paling itu mau mati tadinya, trus dimakan induknya
adik : masa sih? (bingung dan tak percaya)

hari ketiga
papa : eh itu kok anaknya tinggal 3?
gue : wah jangan-jangan kabur lagi, itu bocah kan badannya masih kecil, jadi bisa nyelip-nyelip
mama : eh iya mungkin, yaudah pisahin pisahin!

akhirnya 3 bocah itu dimasukin ke rumah barunya. kecil sih, tapi ya sesuai lah sama ukurannya.
dengan begini gue ngga perlu repot-repot memikirkan nama barunya karena jumlahnya sudah 3 lagi, maka nama yang dipake bisa seperti rencana semula yaitu : tangtang, tungtung, dan tengteng.
hari berikutnya, masih sehat wal afiat
hari berikutnya lagi, tetap sehat.
hari berikutnya lagi lagi, mati satu, tinggal 2
sorenya di hari yang sama, kaki sang bocah yang satu kecengklak tapi kalo kata adik gue, itu patah tulang.
tengah malamnya, sang bocah yang kakinya kecengklak mati dengan posisi yang ngga enak.
pagi harinya, tinggalah seorang diri sang bocah.
agak siangan dikit, ikutan mati menyusul saudara-saudaranya.

begitulah kisah tragis bocah-bocah hamster gue. dan sekarang hamster gue kembali tinggal 2.
maaf kan aku ya bocah-bocah hamster, yang tidak bisa mengurus kalian dengan benar, semoga arwah kalian diterima disisinya. Amin


ini video atraksi tingting yang hiperaktif :

10 komentar:

jopi mengatakan...

mulai sekarang coba cari dermawan atau dermawati yg bakal merawat anak2 hamster lo deh nda. daripada nanti dibuang kan sayang. dulu gue melihara hamster tuh sampe ada 20an atau 30an gitu, sampe kandangnya ada 4

Ayumindya Paramita mengatakan...

weh kok bisa jo jadi banyak? gue emang tidak berbakat memelihara hewan kali ya? hihi
yaudah jo, ntar kalo ada anaknya lagi, gue cari orang yang mau merawat deh.
kira-kira ada yang berminat?

utie mengatakan...

ckck repot amat. sih melihara ya. hha ga ga punya jiwa kehewanan.

Sitta Casablancas mengatakan...

indaa gue dulu juga punya banyak bener daah sampe 36 kalo ga salah. jijik sendiri gue liat anaknya sekecil apaan tak berbulu. jadi pengen pelihara lagi deh

Ayumindya Paramita mengatakan...

mate : haha lo mah emang kaga suka binatang met!
sitta : itu gimana bisa sit? kok hidup sih? gue juga geli liat anaknya yang baru lahir tak berbulu itu hii-

ruslan.sang.penakluk mengatakan...

tuh bener kan... Anak Papi,

hehehehe kaya gua dong, temen2 asrama gua pada melihara jangkrik. setiap waktu suasana nya kaya di hutan. wiihhh enak dah.

cat:
Jangkrik yang selalu berbunyi adalah jangkrik jantan.
Jangkrik jantan tersebut mengeluarkan suara untuk menarik perhatian jangkrik betina. Suara jangkrik tersebut ternyata bergantung pada suhu sekitar. Makin tinggi suhu ruang, makin keras suara jangkrik tersebut.


okeh..sekian lol hehehe

ruslan.sang.penakluk mengatakan...

tuh bener kan... Anak Papi,

hehehehe kaya gua dong, temen2 asrama gua pada melihara jangkrik. setiap waktu suasana nya kaya di hutan. wiihhh enak dah.

cat:
Jangkrik yang selalu berbunyi adalah jangkrik jantan.
Jangkrik jantan tersebut mengeluarkan suara untuk menarik perhatian jangkrik betina. Suara jangkrik tersebut ternyata bergantung pada suhu sekitar. Makin tinggi suhu ruang, makin keras suara jangkrik tersebut.


okeh..sekian lol hehehe

Ayumindya Paramita mengatakan...

jangkrik emang bentuknya kayak apa?
wew malah berbagi informasi biologi hahaha

ruslan.sang.penakluk mengatakan...

wah wah wah...parah
masa ngga tau jangkrik sih?

coba aja cari di lapangan ato rawa-rawa sekitar rumah lu. biasanya dibalik batu-batuan. kalo mau tau bentuknya, searching aja di google.hehehe

eh enak tau melihara jangkrik, coba aja usulin sama papa lu. pasti setuju deh...yakin gua.

Ayumindya Paramita mengatakan...

ah ampun deh gue ngga lagi-lagi miara binatang. itu aja ngga keurus haha